Jangan Telat Pilih Perguruan Tinggi

KOMPAS.com – Salah satu kebingungan yang kerap dialami siswa SMA adalah memilih perguruan tinggi setelah mereka dinyatakan lulus dari sekolahnya. Kebingungan itu mulai dari pilihan kampus hingga program studi dan beasiswa.

Tapi, sebetulnya siswa tak perlu bingung membuat pilihan. Mengutip buku Direktori 100 Perguruan Tinggi di Indonesia 2016,ada beberapa kriteria yang perlu dicermati para siswa, termasuk juga orang tua siswa yang ingin mencari pertimbangan dalam membantu anaknya memilih pendidikan. Berikut kriteria tersebut:

1. Fasilitas perguruan tinggi

Bagi Anda yang sedang mencari perguruan tinggi, jangan terbuai semata dengan fasilitas yang ditawarkan. Cermati fasilitas yang memudahkan dan membantu Anda menyelesaikan pendidikan Anda.

Apa saja? Sebutlah misalnya, ketersediaan perpustakaan yang lengkap di tiap fakultas, adanya klinik kesehatan, tempat olahraga, ketersediaan transportasi kampus, asrama mahasiswa, laboratorium, dan lain-lain.

2. Jalur seleksi masuk yang Jelas

Kebingungan menentukan pilihan perguruan tinggi jangan dijadikan alasan untuk tidak segera mendaftar. Tiap perguruan tinggi memiliki mekanisme dan jadwal pendaftaran yang relatif tetap.

Untuk itu, cermati waktu pendaftaran, cara pendaftaran (langsung/online), serta biaya pendaftaran. Jangan sampai Anda ketinggalan untuk mendaftarkan diri ke universitas pilihan.

3. Biaya kuliah yang terukur

Biaya kuliah yang tinggi seringkali membuat calon mahasiswa dan orang tua urung masuk ke sebuah perguruan tinggi. Akan tetapi, tingginya biaya kuliah bukanlah suatu halangan bagi mahasiswa yang berkemauan kuat untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi impian.

Saat besaran biasa kuliah dapat diukur, calon mahasiswa dapat mempersiapkan cara pembiayaan dengan berbagai cara, misalnya membicarakan dengan orang tua, mencari biaya tambahan dengan kerja sampingan, maupun mencari beasiswa. Pastikan bahwa perguruan tinggi yang akan Anda masuki memberikan informasi tentang biaya yang perlu Anda keluarkan sampai selesai kuliah.

4. Program beasiswa

Saat ini, jika Anda merasa kesulitan dalam pembiayaan kuliah, informasi mengenai program beasiswa dari perguruan tinggi dapat membantu merencanakan pembiayaan bagi pendidikan Anda. Banyak perusahaan menawarkan beasiswa langsung bagi mahasiswa berprestasi dengan tawaran ikatan kerja.

Kebanyakan beasiswa mengarah kepada calon mahasiswa/siswa berdasarkan prestas. Tetapi, tak jarang beasiswa juga mengarah kepada mereka yang kurang mampu.

Beberapa beasiswa diberikan setelah semester kedua. Untuk itu, cermati beasiswa yang diberikan sejak awal, misalnya kemungkinan beasiswa dari alumni maupun dari program pemerintah.

5. Keragaman fakultas dan program studi

Ada puluhan fakultas dan ratusan jurusan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. Informasi keragaman dan kekhususan jurusan ini tak semuanya diketahui oleh calon mahasiswa sehingga perlu dipahami jurusan yang ada di tiap perguruan tinggi, terutama akreditasinya, daya tampung, jumlah peminat, serta ketersediaan dosen.

Jangan lupa, Anda masih harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lain untuk masuk perguruan tinggi impian. Memetakan ketertarikan terhadap sebuah program studi, sekaligus daya tampung dan besarnya peminat menjadikan Anda lebih taktis dalam memutuskan perguruan tinggi yang akan Anda masuki.

6. UKM yang beragam

Unit Kegiatan Mahasiswa atauUKM yang didukung oleh sebuah perguruan tinggi tidak hanya akan menjadi penyeimbang bagi kegiatan studi mahasiswa, tetapi juga mampu menyumbangkan prestasi yang membanggakan sebuah kampus.

Bagi yang tertarik mencari beasiswa, keaktifan mengikuti UKM akan ikut menunjang CV Anda mendaftar beasiswa. Pun, keikutsertaan di UKM akan membantu mengisi pengalaman saat masuk ke dunia kerja.

Untuk itu, cari informasi UKM yang dapat menjadi sarana aktualisasi diri penunjang kegiatan studi Anda sekaligus dapat menjalin jejaring bagi Anda sejak masa kuliah.

Tentu saja, melanjutkan studi ke perguruan tinggi tidak bisa dilakukan seolah hanya membalik telapak tangan. Perlu persiapan dan pertimbangan matang. Untuk membantu Anda, informasi lengkap mengenai berbagai kriteria bisa dilihat pada bukuDirektori 100 Perguruan Tinggi di Indonesia 2016 di Gramedia.com.

Sebagai pelengkap, disediakan juga aplikasi gratis berupakampuspilihan yang memudahkan Anda untuk membandingkan pilihan program studi, peminat, dan tingkat persaingan di tiap perguruan tinggi. Nah, selamat memilih perguruan tinggi impian Anda!

 

SUMBER : KOMPAS.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s